PERAN BALAI BESAR POM DI JAKARTA DALAM MEMBERIKAN PELAYANAN PUBLIK UNTUK MASYARAKAT IBUKOTA

 

(m04_author_endang darmastuti)

Obat dan Makanan merupakan hal dasar yang sangat penting dalam kehidupan masyarakat, termasuk juga masyarakat di kota besar seperti DKI Jakarta. Adanya Obat dan Makanan yang aman, bermanfaat dan bermutu akan meningkarkan kualitas hidup masyarakat sejalan dengan Program Indonesia Sehat yang termasuk dalam agenda prioritas pembangunan oleh pemerintah pusat.

Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan di Jakarta atau biasa disingkat BBPOM di Jakarta adalah Unit Pelaksana Teknis dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (Badan POM) Republik Indonesia yang memiliki tugas pokok melaksanakan kebijakan teknis operasional di bidang pengawasan obat, bahan obat, narkotika, psikotropika, prekursor, zat adiktif, obat tradisional, suplemen kesehatan, kosmetik, dan pangan olahan, sesuai dengan ketentuan perundang-undangan di wilayah provinsi DKI Jakarta.

Dalam melaksanakan tugas pokoknya, BBPOM di Jakarta menjalankan berbagai fungsi antara lain penyusunan rencana dan program di bidang Pengawasan Obat dan Makanan, pemeriksaan sarana, sertifikasi produk atau sarana produksi/distribusi, pengambilan contoh (sampling), pengujian obat dan makanan, penyidikan terhadap pelanggaran di bidang Pengawasan Obat dan Makanan serta komunikasi, informasi, edukasi, dan pengaduan masyarakat dalam lingkup Pengawasan Obat dan Makanan.

Sebagai upaya untuk mengoptimalkan tugas pokok dan fungsinya tersebut BBPOM di Jakarta berusaha untuk memberikan kemudahan akses bagi masyarakat yang memerlukan informasi maupun layanan tentang Pengawasan Obat dan Makanan di wilayah DKI Jakarta dengan mengembangkan inovasi yang mudah digunakan, cepat dan informatif.

Masyarakat dapat mengakses link https://linktr.ee/bbpomjkt, untuk memilih fitur mana yang akan digunakan sesuai dengan keinginan maupun kebutuhannya. Dalam link https://linktr.ee/bbpomjkt ini tersedia bermacam fitur layanan diantaranya:
(1) LAILA (LAyanan Informasi dan Layanan Aduan melalui aplikasi WhatsApp). Pada fitur ini masyarakat dihubungkan langsung dengan akun WhatsApp sebagai sarana berinteraksi untuk mencari informasi ataupun pengaduan tentang permasalahan Obat dan Makanan di wilayah DKI Jakarta;
(2) None Sisi (layanaN OnliNE konsultaSI sertifikaSI). Layanan ini ditujukan bagi masyarakat yang memerlukan konsultasi terhadap pelayanan sertifikasi produk, sertifikasi sarana atau fasilitas produksi maupun sertifikasi sarana distribusi Obat dan Makanan di wilayah DKI Jakarta;
(3) Laron Baja (layanan LARtas ONline Kiriman BAlai Besar POM di JAkarta). Layanan ini berisi formulir permohonan memasukkan obat dan makanan impor untuk keperluan pribadi melalui pengiriman pos pada Kantor Pos Pasar Baru. Laron Baja memberikan kejelasan, transparansi dan respon yang cepat tanggap bagi perorangan maupun badan yang akan memasukkan produk Obat dan Makanan ke wilayah DKI Jakarta;
(4) E- Book Sertifikasi. Layanan ini memberikan petunjuk kepada masyarakat tentang tata cara mengajukan permohonan penerbitan rekomendasi pendaftaran. Saat ini e book yang tersedia adalah untuk: (a) pemenuhan CPOTB bertahap tahap I/II/II bagi usaha kecil obat tradisional dan tahap (I/II) bagi usaha mikro obat tradisional; (b) sarana produksi pangan (MD/MD untuk UMKM) dan sarana distribusi pangan (ML); (c) sarana produksi kosmetik;
(5) Subsite BBPOM di Jakarta. Subsite ini memberikan beragam informasi tentang profil, berita, layanan maupun laporan tahunan dan laporan kinerja Balai Besar POM di Jakarta yang dapat menambah wawasan masyarakat tentang kinerja Balai Besar POM di Jakarta dalam melaksanakan kebijakan teknis operasional dibidang Pengawasan Obat dan Makanan sesuai dengan ketentuan perundang undangan.
(6) Instagram, Facebook, Twitter dan Youtube BBPOM Jakarta adalah jejaring media sosial yang dimiliki Balai Besar POM di Jakarta, berisi berbagai unggahan informatif ,menarik dan terkini yang bermanfaat dan menambah pengetahuan tentang obat dan makanan.
(7) MONAS (MObil laboratorium jajanaN Anak Sekolah). Selain layanan yang disebutkan diatas Balai Besar POM di Jakarta juga memiliki inovasi dalam pelayanan terhadap keamanan pangan jajanan anak sekolah yang diberi nama MONAS. Dengan inovasi pelayanan MONAS ini sekolah sekolah yang berada di wilayah DKI Jakarta dapat mengajukan permohonan untuk dikunjungi mobil laboratorium keliling Balai Besar POM di Jakarta. Pada sekolah yang dikunjungi, petugas akan melakukan pengujian cepat terhadap pangan jajanan anak sekolah yang dicurigai mengandung empat bahan berbahaya yaitu Boraks, Formalin, pewarna sintetis Rhodamin B dan Metanil Yellow. Balai Besar POM di Jakarta menyediakan link bit.ly/MONASBBPOMJKT bagi pihak sekolah yang ingin mendapatkan layanan MONAS dengan mudah. Dalam kondisi normal, MONAS ini dapat melayani hingga 8 sekolah di Jakarta setiap bulannya.
(8) SIPIKET (SIstem Pemantauan dan evaluasI sampel pihak KETiga). Inovasi ini dikembangkan oleh laboratorium pengujian Balai Besar POM di Jakarta untuk memudahkan pihak internal maupun pihak ketiga (eksternal) dalam memantau alur sampel, dokumentasi dan hasil pengujian sampel dari pihak ketiga. Untuk sementara SIPIKET ini hanya terpasang diserver kantor Balai Besar POM di Jakarta namun selanjutnya akan terus ditingkatkan sehingga pihak ketiga dapat melihat daftar biaya pengujian dan status proses pengujian sampelnya dengan lebih mudah dan cepat.

Balai Besar POM di Jakarta berharap inovasi ini dapat membantu dan mempermudah masyarakat dalam mendapatkan layanan yang terbaik, tidak diskriminatif, transparan, tepat waktu juga kepastian biaya. Balai Besar POM di Jakarta berupaya untuk selalu tanggap terhadap keluhan dengan tetap mengutamakan perlindungan masyarakat dari produk Obat dan Makanan yang berisiko terhadap kesehatan, sesuai dengan budaya kerja organisasi yaitu professional, integritas, kredibel, kerjasama tim, inovatif dan responsif.

Dengan inovasi ini diharapkan kesulitan masyarakat untuk mencari informasi maupun layanan dalam lingkup Pengawasan Obat dan Makanan di wilayah DKI Jakarta dapat teratasi. Sejalan dengan Reformasi Birokrasi untuk memberikan pelayanan publik yang prima menuju pemerintahan yang baik, inovasi ini akan terus ditingkatkan agar lebih banyak lagi manfaatnya untuk masyarakat. Silakan gunakan https://linktr.ee/bbpomjkt, untuk layanan prima dari Balai Besar POM di Jakarta. Salam sehat selalu.

Endang

0 Komentar